Thursday, February 26, 2009

pertemanan pedagogik

Sebuah interaksi yang menarik. Pertemanan ini tampaknya tidak akan berhasil tapi terjadi dengan baik. Marilah kita perhatikan penampakan pertemanan pedagogik diantara tipe-tipe MBTI.
Seorang pedagogik adalah seorang guru - seorang mentor. Pekerjaannya adalah untuk membantu - dan untuk mendisiplinkan. Menurut typelogic.com pertemanan pedagogik adalah:

INTJ-ENFP
ENTP-INFJ
INFP-ENTJ
INTP-ENFJ
ESTP-ISFJ
ESTJ-ISFP
ISTJ-ESFP
ESFJ-ISTP


Ketika saya ditanyakan oleh seorang ENFP apa maksudnya dari daftar ini, saya menjelaskan bahwa mereka masing-masing "saling mengerti dan memperhatikan". Masing-masing menjadi mentor dan masing-masing menjadi murid.
Dari semua sisi ini adalah pertemanan yang seharusnya tidak terjadi. Hal yang sama hanya pada N/S-nya saja; sisanya berbeda semua. Dalam kasus yang pernah saya temui adalah seorang perencana Introvert yang dingin dengan seorang Extrovert yang periang. Satu-satunya hal yang memfasilitasi koneksi masing-masing ini adalah cara berkomunikasinya, yang masing-masing ditentukan oleh N/S.
Tampaknya sulit untuk mendapatkan komunikasi yang efektif antara N -> S dan S -> N. Kebanyakan teman saya adalah N, bukan karena saya memilih teman-teman saya N, tapi karena saya berkomunikasi lebih baik dengan para N. Berbicara dengan para S tampaknya membutuhkan usaha lebih dan pertemanan lebih sulit untuk dapat terjalin.
Karena perbedaan ini, kita dapat bilang bahwa teman pedagogik kita adalah lawan kita yang dapat diajak bicara. Melalui teman pedagogiknya, seorang INTJ dapat merasakan sebuah jumlah yang sehat tentang sebuah kesenangan spontan. Lalu ada sebuah momen kesunyian dimana isinya sangat nyaman. Ini adalah sebuah pertukaran positif dimana masing-masing tidak mentolerasikan, tapi menikmati pertemanan tersebut.

0 comments:

How much hours of sleep do you get at night?

Friends and Their Stories